Kosmetik jadul (sejarah singkat kosmetik zaman dulu)


Hi girlssss!
Kemarin habis buka-buka majalah tahun 90'an. Pas dibagian iklan, aku amazed banget karena nggak nyangka dulunya produk kecantikan yang aku lihat biasa aja, sekarang jadi berkesan vintage dan unik. Jadilah aku penasaran sama bentuk dan sejarah kosmetik jaman dulu kala. Dan ini dia rangkumannya girls !

Mascara
Penggunaan maskara sudah dikenal jauh sebelum masehi oleh masyarakat mesir. Dulunya orang mesir memakai campuran kotoran buaya, madu, air, dan kohl (sejenis mineral sulfida) untuk membingkai mata dan menghitamkan bulu mata mereka. Campuran maskara ini diaplikasikan menggunakan alat yang terbuat dari gading dan tulang. Masyarakat mesir percaya dengan membingkai mata agar terhindar dari bad luck dan menolak bala. 

Barulah setelah petroleum jelly ditemukan, di tahun 1917 Eugene Rimmel membuat inovasi maskara modern pertama berbentuk padat atau cake mascara. Yang mana maskara ini terbuat dari campuran petroleum jelly dan bubuk batu bara hitam.

Maybelline cake mascara

Rimmel cake mascara

Ya. Mascara jadul yang mulai hits ditahun 1920'an ini bentuknya padat dan di aplikasikan dengan kuas yang berbentuk sikat gigi kecil. Biasanya selain dipakai di bulu mata, bisa juga dipakai untuk membentuk alis. Bentuk maskara padat ini bertahan hingga tahun 1957, Helena Rubinstein membuat inovasi maskara bernama Mascara Matic. 



Mascara matic milik Helena Rubenstein ini menggunakan spoolie yang berbentuk batangan logam dengan ulir diujungnya. Ulir ini nantinya bekerja untuk 'mengambil' liquid mascara yang ada di dalam tabung,  agar kemudian bisa langsung diaplikasikan ke bulu mata. Barulah setelah itu aplikator maskara dengan brush spiral dikembangkan pada tahun 1958 hingga saat ini. 


Lipstick
Sebenarnya sejak zaman prasejarah udah ada pewarna tubuh yang dibuat dari campuran buah-buahan yang digiling.  Barulah di awal peradaban, lipstik mulai muncul dari Timur Tengah, Afrika Utara, dan India. Wanita Mesopotamia mewarnai bibir mereka dengan campuran bubuk batu permata. Anggota kerajaan meramu lipstik sendiri yang saat itu terdiri dari bahan-bahan yang mengakibatkan pemakainya keracunan. Barulah setelah itu lipstik dari pewarna carmine, zat pewarna yang didapatkan dengan mengekstrak cairan dari tubuh sejenis serangga, digunakan untuk mendapatkan warna merah yang digunakan sebagai pewarna bibir. 

Lipstik modern pertama yang dikemas dengan tube metal dikembangkan oleh Maurice Levy pada tahun 1915. 


Seiring berjalannya tahun, lipstik yang diproduksi oleh berbagai macam merk terus dikembangkan. Formulanya menjadi lebih baik dan menggunakan bahan-bahan yang aman untuk tubuh. Bentuk lipstik dan casenya pun semakin cantik dan elegan.



Compact powder
Bedak padat mulai diperkenalkan pada tahun 1938. Wanita-wanita dizaman itu banyak mengeluhkan bedak tabur yang tidak praktis dan sering kali tumpah ketika dibawa berpergian. Sebelumnya ditahun 1914 telah dikenalkan terlebih dahulu compressed powder. Compressed powder merupakan bedak tabur yang dikompresi, dengan formula dan manfaat yang sama ketika digunakan. Tapi sayangnya masih gampang rapuh ketika di usap menggunakan puff bedak. 

Colgate's compact powder 1923

Tre-Jur 1926

Djer-kiss 1924

Blush-On
Wanita zaman dulu seringkali menggunakan buah-buahan dan pewarna alami untuk memberi rona di pipi. Contohnya dengan menggunakan ekstrak buah mulberry, ochre dan akar tumbuhan alkanet yang ditumbuk. 

Di era Victoria, wanita tidak boleh menggunakan perona pipi karena dianggap sesuatu yang tak senonoh dan vulgar. Baru lah pada era Elizabeth, para wanita kala itu mulai teranh-terangan memakai blusher. Umumnya mereka mencampur sendiri perona pipi mereka menggunakan cat timah, cuka, dan mercury sulfida. 

Barulah setelah revolusi Perancis, banyak perusahaan yang mulai memproduksi blusher dan kosmetik lainnya. Saat itu blusher juga dikenal dengan nama Rouge.







Sumber:
  • The amazing history of blush make up -----https://www.juliehewett.net/amazinghistory-blush-makeup/
  • Stories of Lipstick and water cosmetic ----- 

http://cosmeticsandskin.com/ded/lipsticks.php
  • History of mascara http://makeup.lovetoknow.com/History_of_Mascara
  • The history of 20's century make up ----- http://glamourdaze.com/history-of-makeup 
  • Lipstick and history ------ http://www.lipstickhistory.com



Comments

  1. Makeup jaman dulu umumnya menggunakan bahan-bahan alami yang terdapat disekitar tempat itu

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review: Gizi Super Cream

Review VIVA Whitening Cream

Review: Setrika Wajah (FACE IRON)